Kepala UPTD Seuramoe Informasi Aceh Tutup Bimtek PPID

Administrator . | Sabtu, 13 Agustus 2016

Banda Aceh - Kepala UPTD Seuramoe Informasi Aceh menutup rangkaian Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Pejabat Pengelola Dokumentasi dan Informasi (PPID) tingkat Kabupaten-Kota di Aceh, Sabtu, 13/08, di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh.


Peserta yang mengikuti Bimtek tersebut terdiri dari 23 kabupaten kota  berjumlah 50 peserta yang diselenggarakan selama tiga hari berturut – turut, mulai tanggal 11 s/d 13 Agustus.


Muchlis Kepala UPTD Seuramoe Informasi yang juga ketua Pelaksana Harian PPID Aceh saat diwawancara berharap agar setelah pelatihan di Provinsi semoga peserta dari daerah mampu menjalankan amanah dari  Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi terhadap publik dan juga untuk mendorong keterbukaan informasi demi meningkatkan kualitas pelayanan informasi di badan publik di tingkat kabupaten dan kota, jelasnya

"Penyediaan informasi publik yang akurat adalah sebagai upaya meningkat kan partisipasi publik dalam pengawasan dan pengambilan kebijakan agar tata kelola pemerintah lebih baik dan transparan"sebutnya.

Pada kesempatan itu Muchlis juga menjelaskan aturan main tentang keterbukaan informasi publik, mengacu kepada Undang - Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta peraturan turunannya, yakni, Peraturan Pemerintah Nomor 61 tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Undang - Undang KIP dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Provinsi Aceh pada saat ini semua Kabupaten Kota sudah berjalan PPID nya, kalau dibandingkan dengan Provinsi lain, mereka belum semua Kabupaten dan Kota yang menjalankan PPID dengan baik, oleh justru itu ia mengajak agar prestasi yang sudah pernah di raih tingkat nasional bisa dipertahankan. Baru-baru ini dari Provinsi Papua membawa 48 peserta datang ke Aceh untuk studi banding sekali gus pelatihan PPID,"sebutnya

Sementara itu Asriani koordinator Pelayanan di PPID Aceh mengatakan bulan September akan datang  dilakukan bimbingan dan pelatihan PPID di Kabupaten Gayo Lues pesertanya dilibatkan semua SKPK badan dan kantor, setelah dilakukan sosialisasi kepada pejabat disana agar lebih mudah nantinya PPID utama melakukan input data.

Dalam kesempatan itu Asriani juga menetapkan pertemuan tahunan forum PPID se - Aceh akan dilaksanakan di Kabupaten Nagan Raya sebelum Desember mendatang, ungkapnya.

Penutupan Bimtek tersebut di tandai dengan penyerahan penghargaan kepada peserta dari kabupaten Gayo Lues Teuku Ramli dan peserta asal Kota Sabang, Yusniar. (jf)


Informasi Publik